PINDANG PALEMBANG : PEGAGAN Punya :D

Kali ini Ryan mau nulis tentang PINDANG :) ya Pindang... Masakan asli Palembang lainnya. Sebenarnya di Sumatra Selatan, dikenal banyak jenis masakan pindang. Setiap
daerah memiliki pindang dengan karakternya yang berbeda. Secara umum dikenal empat gagrak utama pindang, yaitu: Palembang, Meranjat, Musi Rawas, dan Pegagan. Tetapi, sebetulnya, pindang Palembang pun terdiri dari beberapa jenis lagi. Misalnya, ada Pindang mangut yang sudah makin langka, di samping pindang serani yang lebih umum mewakili jenis masakan pindang di Palembang. Meranjat adalah nama sebuah desa di sebelah Utara Palembang. Pegagan dan Musi Rawas masing-masing adalah desa yang letaknya di sebelah Timur Palembang.
http://iierma.files.wordpress.com/2009/06/pindang-ikan-patin1.jpg
Pindang meranjat memiliki ciri khas rasa calok atau trasi yang sangat nendang. Rasa asamnya diperoleh dari nenas, dengan tingkat kepedasan sedang. Secara umum, pindang meranjat menghadirkan citarasa yang sangat intens. Jenis ikan yang banyak dipakai untuk pindang meranjat adalah patin dan baung. Pindang meranjat juga sering menampilkan iga sapi sebagai protein.

Pindang pegagan, sekalipun secara lokasi lebih dekat ke Musi Rawas tetapi lebih mirip dengan citarasa pindang meranjat. Sama-sama memakai nenas untuk menghadirkan keasaman, tetapi dengan rasa trasi yang lebih lunak. Intensitas bumbunya pun lebih "sopan"

Pindang musi rawas mirip pindang palembang karena sama-sama memakai cung kediro (tomat ceri) sebagai sumber rasa asam. Pindang ini memakai daun kemangi lebih banyak, sehingga sekilas justru sangat mirip kuah asam model Sulawesi Utara. Bedanya, kuah asam memakai lemon cui untuk mengasamkan kuahnya. Cukup untuk perkenalannya :)buat yang tertarik ini Ryan beri resepnya :)



PINDANG PEGAGAN

Resep pindang ikan patin yang Ryan pilih adalah resep yang Makyus kalau kata pak Bondan.... :) di Palembang pindang patin yag terkenal itu dari daerah pegagagn (OKI), makanya disebt pindang pegagan, khas, karena pake buah nanas di kuahnya. hm nyam-nyman ini bahan-bahannya


Bahan Utama
Ikan jenis Patin (sungai yach)lebih enak , atau Baung seberat 5 Kg

Bumbu - Bumbu :

Cabai Merah 1 kg
Cabai Rawit 1 ons
Bawang Merah 1 ons
Asam Jawa 1 ons
Terasi Udang satu sendok makan
Daun Salam 5 helai
Serai dua buah
Gula Merah secukupnya
garam secukupnya
1 Buah Nanas yang di potong-potong

Cara Membuat

Tumbuk seluruh bumbu dapur tadi, tapi jangan terlalu halus, sesudah di tumbuk bumbu tadi di ambil sari airnya dengan menyaringnya seperti membuat santan, setelah itu sari tadi dimasukan ke dalam panci yang sudah di isi air yang sudah direbus sebelumnya.

Setelah itu masukan juga ikan Patin yang sudah di bersihkan dan di potong menurut ukuran selera masing รป masing bersama buah nanas yang telah dipotong sebelumnya ke dalam panci yang ada sari air bumbu tadi. Dan direbus jadi satu selama kurang lebih 15 menit.

Setelah 15 menit direbus ikan patin pindang pegagan Tanjung sejaro siap di hidangkan bersama dengan daun kemangi dan lalapan sayur lainnya.

2 komentar:

just me mengatakan...

hehehe jadi kangen kalo pulang ke rumah ortu pasti mama bikinin pindang pegagan .. karna bapa saya orang oki jadi mama saya yang orang belanda udah jago banget bikin pindang pegagan hehehe di tambah sama terong muda yg bulet 2 itu jg enak dan di tambah sama belimbing wuluh tambah mantab pake ikan gabus juga mantab ..

Miss. Darmawan mengatakan...

ya allah, la lamo dak makan pindang buatan emak.. selamo ii buat dewek,, maklumlah jaoh dari rumah.. ai cacam, nak nyubo ai pingang tanjung sejaro..

Poskan Komentar